Nama : Heryanto
NIM : 201321077
Seksi : 24
Membuat Rencana Pemasaran
Jenis Barang / Jasa yang dijual :
Dalam usaha warung kuliner ini yang kami jual adalah berbagai jenis makanan pempek yang tentunya terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan juga beberapa bahan lainnya untuk menu pendamping .
Keunggulan produk dibanding yang lain :
Keunggulan dari ‘Warung Pempek Herry’ yaitu “Rasa, Harga dan Pelayanan” , harga produk kami lebih murah dari tempat usaha sejenis dengan produk dan kualitas yang sama. Rasa tidak kalah bersaing dengan Pempek Palembang asli yang sudah ternama.
Target Pembeli (Kelas Pembeli) :
Warung Pempek Herry akan dipasarkan kepada semua kalangan.
Daerah Penjualan (Kota / Negara) :
Daerah penjualan Warung Pempek Herry ini berada di Jakarta tepatnya di Jakarta barat , kecamatan Kebon Jeruk
PERMINTAAN :
Warung Pempek Herry ini, menyediakan menu makanan pempek yang sesuai dengan khas Palembang, yang enak dan gurih. Warung Pempek Herry juga berusaha untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan pelayanan yang baik.
Lokasi : Warung Pempek ini berada di kawasan pertokoan dan berdekatan dengan perkantoran, lokasinya juga tidak jauh dari jalan yang dilalui kendaraan.
Jumlah Penduduk Jakarta Barat : kurang lebih 2,534,123 jiwa.
Segmentasi berdasarkan geografis :
- Propinsi : DKI Jakarta
- Kota : Jakarta Barat
- Daerah Tujuan : Masyarakat yang tinggal di Jakarta Barat
- Umur : ≥ 5 – 70 tahun
- Gaya hidup : Sederhana
- Kelas sosial : Kelas bawah sampai kelas menengah
Biaya Sewa Dan Pemasaran
Biaya sewa Rp. 6.000.000,- per tahun
Biaya Pemasaran Rp. 1.500.000 per tahun
Harga
per Porsi
Harga per Porsi adalah Rp. 15.000,-
Target penjualan Pempek
per hari adalah 15 porsi .
Jadi total harga adalah Rp. 225.000,-
A. Modal Awal
Total Biaya Awal = Rp 10.427.500,-
B. Analisis Keuntungan
Waktu
berjualan yaitu hari senin s/d minggu. Berikut
rinciannya :
-
Pendapatan Harian = Rp 15.000 x 15 porsi = Rp 225.000
-
Pendapatan bulanan = Rp
225.000 x 30 hari = Rp 6.750.000
Jika diasumsikan
penjualan 1 tahun konstan, maka:
-
Pendapatan yang akan
dicapai = Rp 6.750.000 x
12 = Rp 81.000.000
- Dan dengan biaya produksi = Rp 759.000 x 12 = Rp 9.108.000
Maka laba kotor yang akan dicapai dalam 1
tahun
Rp 81.000.000
– Rp 9.108.000 = Rp 71.892.000
C. Pengembalian Modal
Total
modal awal : keuntungan per bulan = Rp 10.427.500 : Rp 6.750.000=
1,5 bulan (45 hari)Potensi Pembeli :
Potensi pembeli di sekitar warung Pempek Herry sangat potensial untuk bisa membeli produk yang ada di warung pempek ini dikarenakan lokasi yang memang strategis , dan warung Pempek ini ditujukan untuk semua kalangan yang menyukai Pempek Palembang.
PENAWARAN :
Kapasitas Pesaing Utama :
Kapasitas dari pesaing utama sangat besar sehingga kami membuat cita rasa pempek berbeda dari warung pempek lainnya, dan juga pelayanan yang ramah akan membuat para konsumen menjadi lebih nyaman untuk berkunjung ke warung pempek Herry.
Rencana Penjualan :
Untuk penjualan sendiri karena warung Pempek Herry ini berbasis usaha franchise kami memulai dari satu franchise kemudian bila bisnis usaha ini semakin berkembang kami akan membuka beberapa cabang di daerah jakarta lainnya.
Pangsa Pasar :
Pangsa pasar kita ditujukan untuk semua kalangan yang menyukai makanan pempek ini.
PERSAINGAN :
Pesaing Utama (Keunggulan) : Pesaing adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuka suatu usaha. Persaingan dapat berupa pesaingan harga, promosi, dan kualitas makanan pempek. Warung pempek ini bersaing untuk beberapa warung pempek yang menjual produk sejenis. Pesaing pada Warung Pempek Herry adalah warung-warung pempek yang sangat banyak yang ada dimall ataupun ditempat strategis lainnya. Selain itu pesaing juga bisa datang dari Warung pempek online.
Pemasaran (product, price, promotion, dan place) :
Hal yang perlu diperhatikan dalam marketing Pempek Herry adalah dengan memperhatikan strategi 4P, yaitu product, price, promotion, dan place.
- Strategi product.
- Strategi price.
Single Price
Single price adalah harga makanan per unit. Berikut ini harga Pempek yang di jual di Warung Pempek Herry :
Kapal Selam : Rp. 15.000
Lenjer : Rp. 15.000
Adaan / kulit : Rp. 5.000
Tekwan : Rp .15.000
- Strategi promotion.
- Strategi place.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar