Rabu, 25 November 2015

Membuat rencana Pemasaran

Tugas Kewirausahaan Online III

Nama : Heryanto
NIM   : 201321077
Seksi  : 24


                               Membuat Rencana Pemasaran 

Makanan ASL (Asli, Super, Lezat)
Jenis Barang / Jasa yang dijual :
Dalam usaha warung kuliner ini yang kami jual adalah berbagai jenis makanan pempek yang tentunya terbuat dari bahan dasar  tepung terigu dan juga beberapa bahan lainnya  untuk menu pendamping .

Keunggulan produk dibanding yang lain : 
Keunggulan dari ‘Warung Pempek Herry’ yaitu “Rasa, Harga dan Pelayanan” , harga produk kami lebih murah dari tempat usaha sejenis dengan produk dan kualitas yang  sama. Rasa tidak kalah bersaing dengan Pempek Palembang asli yang sudah ternama.

Target Pembeli (Kelas Pembeli) : 
Warung Pempek Herry akan dipasarkan kepada semua kalangan.

Daerah Penjualan (Kota / Negara) :
Daerah penjualan Warung Pempek Herry ini berada di Jakarta tepatnya di Jakarta barat , kecamatan Kebon Jeruk

PERMINTAAN : 
Warung Pempek Herry ini, menyediakan menu makanan pempek yang sesuai dengan khas Palembang, yang enak dan gurih. Warung Pempek Herry juga  berusaha untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan pelayanan yang baik.

Lokasi : Warung Pempek ini berada di kawasan pertokoan dan berdekatan dengan perkantoran,  lokasinya juga tidak jauh dari jalan yang dilalui kendaraan.

Jumlah Penduduk Jakarta Barat : kurang lebih 2,534,123 jiwa.

Segmentasi berdasarkan geografis :
  1. Propinsi : DKI Jakarta
  2. Kota : Jakarta Barat
  3. Daerah Tujuan : Masyarakat yang tinggal di Jakarta Barat
Segmentasi berdasarkan demografis :
  1. Umur : ≥ 5 – 70 tahun
Segmentasi berdasarkan psikografis :
  1.  Gaya hidup :  Sederhana
  2.  Kelas sosial : Kelas bawah sampai kelas menengah
Analisa Keuntungan : 
Biaya Sewa Dan Pemasaran
Biaya sewa Rp. 6.000.000,- per tahun
Biaya Pemasaran Rp. 1.500.000 per tahun
       Harga per Porsi
Harga per Porsi adalah Rp. 15.000,-
Target penjualan Pempek per hari adalah 15 porsi . Jadi total harga adalah Rp. 225.000,-
             A.      Modal Awal
                     Total Biaya Awal = Rp 10.427.500,-
              B.       Analisis Keuntungan
                      Waktu berjualan yaitu hari senin s/d minggu. Berikut  rinciannya :
                    -          Pendapatan Harian = Rp 15.000 x 15 porsi = Rp 225.000
                    -          Pendapatan bulanan = Rp 225.000 x 30 hari = Rp 6.750.000
                      Jika diasumsikan penjualan 1 tahun konstan, maka:
-                                              Pendapatan yang akan dicapai  = Rp 6.750.000 x 12 = Rp 81.000.000
-                                              Dan dengan biaya produksi = Rp 759.000 x 12 = Rp 9.108.000
                    Maka laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun
                    Rp 81.000.000 – Rp 9.108.000 = Rp 71.892.000
              C.      Pengembalian Modal
   Total modal awal : keuntungan per bulan = Rp 10.427.500 : Rp 6.750.000= 1,5 bulan   (45 hari)

Potensi Pembeli :
Potensi pembeli di sekitar warung Pempek Herry sangat potensial untuk bisa membeli produk yang ada di warung pempek ini dikarenakan lokasi yang memang strategis , dan warung Pempek ini ditujukan untuk semua kalangan yang menyukai Pempek Palembang.

PENAWARAN :
Kapasitas Pesaing Utama :
Kapasitas dari pesaing utama sangat besar sehingga kami membuat cita rasa pempek berbeda dari warung pempek lainnya, dan juga pelayanan yang ramah akan membuat para konsumen menjadi lebih nyaman untuk berkunjung ke warung pempek Herry.

Rencana Penjualan : 
Untuk penjualan sendiri karena warung Pempek Herry ini berbasis usaha franchise kami memulai dari satu franchise kemudian bila bisnis usaha ini semakin berkembang kami akan membuka beberapa cabang di daerah jakarta lainnya.

Pangsa Pasar :
Pangsa pasar kita ditujukan untuk semua kalangan yang menyukai makanan pempek ini.

PERSAINGAN :
Pesaing Utama (Keunggulan) : Pesaing adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuka suatu usaha. Persaingan dapat berupa pesaingan harga, promosi, dan kualitas makanan pempek. Warung pempek ini bersaing untuk beberapa warung pempek yang menjual produk sejenis. Pesaing pada Warung Pempek Herry adalah warung-warung pempek yang sangat banyak yang ada dimall ataupun ditempat strategis lainnya. Selain itu pesaing juga bisa datang dari Warung pempek online.

Pemasaran (product, price, promotion, dan place) :
Hal yang perlu diperhatikan dalam marketing Pempek Herry adalah dengan memperhatikan strategi 4P, yaitu product, price, promotion, dan place.
  1. Strategi product.
Strategi product dapat dilakukan dengan menggunakan jenis bahan dan kualitas yang baik. Menjual produk dengan berbagai jenis pempek yakni pempek Kapal selam, Lenjer, Telur, Adaan, Kulit, Tekwan, serta ditambah bumbu atau kuah yang kental dan enak.
  1. Strategi price.
Strategi harga dilakukan dengan memberikan potongan harga untuk setiap pembelian makanan dan minuman yang telah menjadi harga gabungan antara keduanya. Warung Pempek Herry melakukan strategi harga, yaitu :

Single Price    
Single price adalah harga makanan per unit. Berikut ini harga Pempek yang di jual di Warung Pempek Herry :
Kapal Selam  : Rp. 15.000
Lenjer            : Rp. 15.000
Adaan / kulit  : Rp.  5.000
Tekwan          : Rp .15.000

  1. Strategi promotion.
Dilakukan dengan penjualan secara langsung pada konsumen, menyebarkan brosur, dan pemasaran melalui media online.
  1. Strategi place.
Strategi place dilakukan dengan membuka Warung Pempek Herry yang dekat dengan konsumen dan lokasi perkantoran yang strategis sehingga produk mudah untuk dicari konsumen.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar